PBB: Perang Memanas, Libya akan Jadi Ladang Uji Coba Senjata Baru

0
711

Ilustrasi pasukan bersenjata di Libya. Sumber foto: BBC

Tripoli,LiputanIslam.com—Delegasi khusus PBB, Stephanie Williams, dalam konferensi pers online mengatakan bahwa saat ini Libya sedang menjadi lahan percobaan segala jenis senjata baru. Hal ini terjadi karena banyak aktor asing yang terlibat dalam konflik di Libya. Mereka juga mengirim berbagai macam senjata dan pasukan ke negara itu.

“Kami menemukan pelontar api yang disebut RPO-A, seperti sistem termobarik yang sedang digunakan di pinggiran Tripoli bagian selatan. Kami juga menemukan drone baru, salah satu jenis drone yang bisa meledak saat terdampak,” ucap Williams, seperti dikutip Middle East Monitor (Memo).

“Ini hanya dua contoh senjata yang menakutkan dan telah digunakan di area perkotaan,” tambahnya.

Menurutnya, senjata-senjata ini telah memicu pertempuran baru di Libya.

Baca juga:

Libya Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama Di Tengah Minimnya Fasilitas Kesehatan

Korban Tewas Militan Suriah di Libya Bertambah, Gaji Malah Diturunkan oleh Turki

Sampai saat ini, setidaknya ada dua kubu yang bertempur di Libya. Pertama adalah Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung oleh Turki. Kedua adalah Tentara Nasional Libya (LNA) yang didukung oleh Uni Emirat Arab, Rusia, dan Mesir.

Baik GNA atau LNA sama-sama mengaku sebagai pemerintah resmi Libya. Masing-masing kubu membentuk pemerintahan masing-masing, lengkap dengan berbagai jajarannya. (fd/Memo)

 

DISKUSI: