PBB Kutuk Pembunuhan Warga Kulit Hitam oleh Polisi AS

0
150

NewYork,LiputanIslam.com-Komisioner Tinggi HAM PBB mengecam keras pembunuhan George Floyd oleh Polisi AS.

“Ini adalah kasus terbaru dari rangkaian pembunuhan warga Afro-Amerika oleh petugas polisi dan anggota masyarakat,”kata Michelle Bachelet, seperti dilansir Newsweek.

“Otoritas AS mesti mengambil langkah tegas untuk menghentikan pembunuhan semacam ini. Ketika peristiwa semacam ini terjadi, Otoritas AS harus memastikan keadilan akan ditegakkan,”lanjut Bachelet.

Bachelet menegaskan, harus ada perubahan dalam sistem hukum dan mekanisme preventif juga harus diberlakukan. Yang lebih penting, kata Bachelet, petugas polisi yang menggunakan kekerasan melebihi batas harus ditindak dan dijatuhi hukuman.

Meski menyambut baik penyelidikan oleh FBI tentang kasus ini, Bachelet memperingatkan agar penyelidikan-penyelidikan serupa tanpa hasil di masa lalu tidak terulang lagi.

Pada hari Senin (25/5) lalu, seorang polisi kulit putih menekan leher Floyd yang tak bersenjata dengan lututnya. Menurut saksi mata, Floyd memohon agar polisi itu mengangkat lututnya agar ia bisa bernafas, namun permohonan itu tak digubris. Floyd akhirnya tewas akibat tindak kekerasan tersebut.

Terbunuhnya warga kulit hitam itu memicu unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Minneapolis, ibu kota Minnesota. Kerusuhan bahkan menjalar ke Los Angeles, ibu kota California. (af/alalam)

Baca Juga:

Korban Corona dari Warga Kulit Hitam New York 2 Kali Lipat Banyak dari Kulit Putih

Aktivis: Trump Bangkitkan Kembali Rasisme di AS

DISKUSI: