PBB Belum Verifikasi Klaim Keterlibatan Iran dalam Serangan ke Aramco

0
89

NewYork,LiputanIslam.com-Tim penyidik PBB, yang ditugasi untuk menyelidiki serangan rudal dan nirawak ke fasilitas minyak Aramco, menyatakan bahwa mereka belum bisa membuktikan klaim Washington dan Riyadh soal keterlibatan Iran dalam serangan itu.

Menurut laporan Bloomberg, Antonio Guterres (sekjen PBB) dalam laporan 6 bulanannya kepada DK PBB menegaskan,”Organisasi ini secara independen belum bisa memverifikasi bahwa rudal-rudal cruise dan nirawak yang digunakan dalam serangan adalah milik Iran, atau didistribusikan dengan cara yang bertentangan dengan resolusi PBB.”

Baca: AS Ingin Ubah Iran Menjadi “Negara Biasa”

Laporan Guterres menyebutkan, tim penyidik PBB telah memeriksa sisa-sisa persenjataan yang digunakan dalam sejumlah serangan, termasuk serangan ke fasilitas minyak Saudi di bulan Mei, bandara Abha di musim panas lalu, dan kilang minyak Aramco pada bulan September.

Sekjen PBB menambahkan, organisasi yang ia pimpin masih mengumpulkan dan menganalisis informasi tambahan terkait rudal dan nirawak tersebut. Guterres menegaskan, ia akan memberikan laporan lebih rinci pada waktunya nanti.

Menhan Saudi pada September lalu mengklaim, serangan ke Aramco “tidak diragukan telah dilancarkan dengan dukungan dari Iran.” Ia mengaku, pemeriksaan atas komponen-komponen nirawak dan rudal yang digunakan dalam serangan menunjukkan bahwa itu milik Iran. (af/alalam/fars)

DISKUSI: