Pasukan GNA Rebut Kembali Bandara Tripoli dari Pasukan Haftar

0
52

Sumber foto: LibyanExpress

Tripoli,Liputanislam.com—Sejak 2014, bandara internasional Tripoli telah ditutup dan sejak tahun lalu, bandara ini dikontrol oleh pasukan komandan Khalifa Haftar.

Namun, juru bicara GNA (pemerintah Libya yang diakui oleh PBB) menyebut para pasukan mereka telah mengambil alih kontrol atas bandara Tripoli.

“Serdadu kami telah membebaskan bandara internasional Tripoli sepenuhnya,” ucap Mohamad Gnounou pada Rabu (4/6) kemarin, seperti dikutip oleh Al-Jazeera.

Tahun lalu, pasukan yang dipimpin komandan Khalifa Haftar (LNA) telah mengontrol bandara Tripoli usai dirinya melancarkan serangan ke ibu kota Libya.

Baca juga:

PBB: Perang Memanas, Libya akan Jadi Ladang Uji Coba Senjata Baru

Konflik Libya telah membagi negara itu menjadi dua kubu. Pertama adalah kubu GNA yang berbasis di Tripoli dan kedua adalah kubu LNA yang diketuai oleh komandan Khalifa Khaftar.

Gesekan antara kedua kubu juga melibatkan intervensi negara lain. Pasukan pimpinan Haftar mendapat dukungan dari Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan Rusia. Sementara kubu GNA mendapat dukungan dari Turki.

Seorang analis politik Libya, seperti dikutip oleh Xinhua menilai perdamaian di Libya tak akan terwujud dengan mudah. Sebab, kedua pihak, baik LNA atau GNA saling tak mempercayai satu sama lain dan menganggap konflik di Libya hanya akan berakhir dengan cara militer. (fd/Al-Jazeera/Xinhua)

DISKUSI:
SHARE THIS: