Pasukan Elit Hizbullah Ciutkan Nyali Israel

0
408

TelAviv,LiputanIslam.com– Media-media Zionis mengakui bahwa kehadiran pasukan elit di Hizbullah merupakan perubahan fundamental di kawasan perbatasan.

Media-media Zionis membicarakan mimpi buruk berkelanjutan Rezim Israel di perbatasan-perbatasan Lebanon. Mereka memandang keberadaan Brigade Ridhwan telah memunculkan perubahan di perbatasan dengan Lebanon. Media-media Zionis menulis, pasukan elit ini ditempatkan di selatan Lebanon setelah mendapat pengalaman di perang Suriah, tulis media-media Israel.

“Hizbullah telah menambah formasi militernya ke arah front domestik kita dan meningkatkan kemampuan pertahanannya,”tulis media-media Zionis.

Brigade Ridhwan adalah satuan pasukan elit Hizbullah. Nama ini diambil dari Syahid Imad Mughniyah, yang memiliki nama samaran Hajj Ridhwan. Komandan terkemuka Hizbullah ini diteror Israel di Damaskus pada tahun 2008 silam.

Beberapa waktu lalu, harian Jerusalem Post dalam tulisannya membahas kemampuan personel Brigade Ridhwan dalam melancarkan serangan. Menurut Jerusalem Post, anggota Brigade Ridhwan berada di garis terdepan tiap serangan Hizbullah atas Israel. Mereka disebut-sebut akan menyusup ke kota-kota Israel di sepanjang perbatasan sambil menembakkan rudal dan roket.

Harian ini menyatakan, anggota Brigade Ridhwan telah bertempur selama bertahun-tahun di Suriah. Mereka memiliki pengalaman operasional yang luas dan kini sebagian besar mereka sudah kembali ke selatan Lebanon.

Operasi penyusupan memungkinkan Brigade Ridhwan untuk mendapat informasi soal penempatan pasukan Israel dan waktu yang tepat untuk merespons setiap kejadian. Di lain pihak, kondisi tembok penghalang, yang sudah dibangun sejak 1980, semakin memburuk meski berkali-kali diperbaiki. Para perwira Tentara Israel mengakui, tembok-tembok ini tidak sanggup mencegah pasukan elit Hizbullah menyusup ke dalam Tanah Pendudukan. (af/alalam)

Baca Juga:

Polisi Israel Tolak Beri Izin Pawai Bendera di Quds

Sekjen Hizbullah: AS Berniat Tunda Pemilu Lebanon

DISKUSI: