Pasukan AS Serahkan Pangkalan di Nineveh ke Tentara Irak

0
535

Baghdad,LiputanIslam.com-Sehari setelah keluar dari pangkalan K1 di Kirkuk, pasukan AS mengosongkan dan menyerahkan basis-basisnya di provinsi Nineveh kepada tentara Irak.

Media-media Irak memberitakan, hari ini (Senin 30/3) pasukan AS menyerahkan posnya di istana kepresidenan Mosul kepada pasukan Irak.

Komite media keamanan Irak dalam statemennya menyatakan, setelah berlangsungnya dialog antara pemerintah Irak dan koalisi internasional, sebuah situs yang diduduki pasukan AS di dalam pangkalan provinsi Nineveh telah dikembalikan kepada tentara Irak.

Pihak koalisi internasional juga berkomitmen untuk mengembalikan situs-situs lain yang didudukinya di pangkalan militer dan kamp-kamp pengungsi.

Koalisi internasional, yang diklaim memerangi ISIS, pada hari Minggu kemarin juga menarik pasukannya dari pangkalan di Kirkuk di utara Irak. Sejumlah fasilitas militer di pangkalan K1 itu juga diserahkan kepada pasukan Irak.

Dalam beberapa hari terakhir, pangkalan-pangkalan di al-Qayarah (utara Irak) dan al-Qaim (barat Irak) juga telah ditinggalkan pasukan koalisi internasional.

Satgas gabungan koalisi internasional mengaku, keluarnya pasukan mereka tak ada kaitannya dengan serangan-serangan roket terakhir ke pangkalan-pangkalan mereka di Irak.

Parlemen Irak pada 5 Januari lalu mengadakan sidang luar biasa yang dihadiri Adil Abdulmahdi (PM Irak). Sidang mengeluakan keputusan untuk mengusir pasukan asing dari Irak. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

Iran Akan Tingkatkan Daya Ledak dan Kecepatan Rudalnya

[VIDEO] Tentara Israel Ludahi Mobil Warga Palestina di Tengah Wabah

 

DISKUSI: