Para Pejabat AS dan Taliban Gelar Pertemuan Bahas Masalah Pelepasan Tahanan

0
344

Sumber foto: Al-Jazeera

Kabul,LiputanIslam.com—Ketua rombongan negosiator bersama dengan Komandan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan dikabarkan telah menggelar pertemuan dengan perwakilan Taliban di Doha pada Senin (13/4) kemarin.

Pertemuan ini berlangsung di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19, menyusul pembebasan 300 tahanan pemberontak Taliban sebagai syarat perundingan damai antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Sejumlah aksi kekerasan yang diprakarsai oleh Taliban telah menghambat upaya perdamaian AS di Afghanistan.

Suhail Shaheen, jubir kelompok Taliban di Doha menulis lewat akun Twitternya menulis bahwa perwakilan khusus AS, Zakmay Khalilzad, dan jenderal pasukan AS, Scott Miller telah bertemu dengan Mullah Abdul Ghani Baradar, pendiri kelompok Taliban bersama dengan seorang negosiator Taliban.

Baca juga: Taliban Serang Pos Pemeriksaan di Afghanistan, 11 Orang Tewas

Menurut Shaheen, kedua kelompok membahas implementasi utuh perjanjian damai AS-Taliban yang pernah disepakati pada 29 Februari lalu. Tak hanya itu, mereka juga membahas sejumlah pelanggaran yang dilakukan.

Minggu lalu, Taliban menuduh AS telah melanggar perjanjian karena memberikan bantuan pasukan pemerintah Afghanistan saat menggelar operasi militer di sejumlah wilayah. Taliban mengancam jika tindakan semacam ini merusak perjanjian damai tersebut. (Fd/RT)

DISKUSI: