New York Times: Korban Sipil Serangan AS Lebih Banyak dari yang Dilaporkan

0
1108

Washington,LiputanIslam.com-Harian New York Times (NYT) dalam laporannya menyatakan, operasi-operasi militer AS yang dilakukan secara gegabah telah menewaskan ratusan warga sipil di Irak, Suriah, dan Afghanistan, termasuk anak-anak.

Menurut NYT, korban warga sipil jauh lebih banyak dari angka 1.417 yang dilaporkan Tentara AS di Irak dan 188 di Afghanistan. Hal ini disimpulkan NYT setelah membaca 1.311 dokumen dari arsip rahasia Kemenhan AS (Pentagon).

Tentara AS disebut hanya sedikit berusaha mengidentifikasi sebab-sebab kegagalan operasi. Selain itu, tidak ada evaluasi umum yang mencakup identifikasi pelanggaran-pelanggaran.

NYT menambahkan, tewasnya warga sipil sebagian besar terjadi karena Tentara AS keliru menganggap mereka sebagai teroris, atau karena tidak bisa yakin bahwa tidak ada warga sipil dalam gedung-gedung yang menjadi target serangan.

AS juga tidak mewujudkan komitmen terkait transparansi dan pemikulan tanggung jawab. Pimpinan Pentagon bahkan bukan hanya tidak melakukan investigasi menyeluruh, tapi juga tidak mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya hal serupa di masa depan.

Hingga kini, media-media AS sudah kerap memberitakan terbunuhnya warga sipil dalam operasi-operasi militer AS di berbagai negara. Mereka juga mengungkap upaya Pentagon untuk memendam dalam-dalam fakta ini dan tidak mengadili para pelaku. (af/fars)

Baca Juga:

Tentara Yaman Belum Kenyang Rontokkan Drone-drone AS

Ansarullah Yaman Tanggapi Uji Coba Senjata Laser AS di Laut Aden

DISKUSI: