Moskow: Kami Tak Punya Pilihan Selain Mengusir Diplomat 3 Negara Eropa

0
213

Moskow,LiputanIslam.com-Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova memberi penjelasan terkait putusan negaranya untuk mengusir tiga diplomat Jerman, Polandia, dan Swedia.

“Sayangnya kami tidak memiliki pilihan selain menindak dan mengusir para diplomat Eropa yang telah ikut dalam aksi-aksi terlarang,”kata Zakharova dalam siaran televisi Rusia, seperti dilansir Sputnik.

Kemenlu Rusia pada hari Jumat (5/2) mengumumkan, Moskow telah mengusir 3 diplomat asal Jerman, Polandia, dan Swedia lantaran ikut dalam demo ilegal untuk mendukung Alexei Navalny.

Kemenlu Rusia menyatakan tiga diplomat tersebut sebagai “persona non grata” (orang yang tak diinginkan), yang akan segera meninggalkan Rusia.

“Pihak Rusia berharap bahwa di masa depan delegasi-delegasi diplomatik dari Kerajaan Swedia, Republik Polandia, dan Republik Federal Jerman beserta personelnya mengikuti standar hukum internasional dengan cermat,”demikian dinyatakan Kemenlu Rusia dalam statemennya.

Sebuah sumber di Moskow mengatakan kepada wartawan, seorang diplomat Swedia ikut dalam demo tanpa izin di St. Petersburg pada 23 Januari silam. Kedubes Swedia sendiri mengklaim bahwa diplomatnya hanya menonton demo tersebut.

Navalny, oposisi Rusia pro-Barat, ditangkap saat mendarat di bandara Moskow setelah pulang dari Jerman. Penangkapan itu memicu sejumlah kericuhan di Negeri Beruang Merah.

Sebelum ini, Pemerintah Jerman menuding Rusia meracuni Navalny. Moskow menepis tuduhan itu dan menegaskan tak ada bukti keberadaan racun di tubuh Navalny.

Navalny, yang dijatuhi hukuman bersyarat dalam kasus Rocher, dicantumkan dalam DPO Pemerintah Rusia, setelah mangkir hadir dari sejumlah sidang penyidikan. Dia menjadi buron Polisi Federal Rusia sejak 29 Desember 2020 lantaran terus melanggar aturan yang ditetapkan. (af/alalam)

 

Baca Juga:

Penutupan Bandara Sanaa oleh Koalisi Saudi Sebabkan Kematian 80 Ribu Pasien

Mantan Anggota KGB: Trump 40 Tahun Menjadi Mata-Mata Rusia

DISKUSI: