Trump Instruksikan Penghancuran Kapal Perang Iran yang “Melecehkan”

0
476

Washington, LiputanIslam.com –   Presiden AS Donald Trump mengaku telah mengarahkan angkatan laut negara ini untuk “menembak jatuh dan menghancurkan” kapal perang Iran yang “melecehkan” kapal-kapal perang AS.

Para pejabat AS menyebut ancaman itu sebagai peringatan langsung Trump bagi Iran agar tidak mengulangi apa yang disebut Pentagon sebagai “perjumpaan provokatif” yang terjadi pekan lalu di Teluk Persia.

Meskipun Trump mengaku demikian, namun seorang perwira senior AS menyatakan bahwa keputusan untuk menggunakan kekuatan mematikan terhadap kapal Iran tergantung pada komandan AL sendiri dan tingkat ancaman terhadap kapal dan para pelaut mereka.

Arahan Trump itu dikeluarkan seminggu setelah militer AS mengklaim bahwa 11 kapal kecil milik Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah melakukan “pendekatan berbahaya dan melecehkan” ke armada kapal AS, termasuk kapal pangkalan ekspedisi seluler USS Lewis B. Puller dan kapal perusak USS Paul Hamilton.

Baca: Video: Pasukan Iran Peringatkan Kapal Perang AS di Teluk Persia

AL AS juga mengklaim bahwa dalam satu kasus kapal cepat Iran melesat dalam jarak 10 meter dari kapal Coast Guard.

Trump di Twitter menyatakan, “Saya telah menginstruksikan AL AS untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap dan semua kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal kami di laut.”

Baca:Digertak Trump, Ini Tanggapan Pasukan Elit Iran

“Tembak jatuh ” (shot down) berkonotasi bahwa targetnya adalah pesawat udara Iran, sementara target  yang dimaksud adalah kapal permukaan, yang dapat diserang AL AS dengan rudal, torpedo atau senjata lainnya. (mm/washingtonpost)

 

DISKUSI: