Menlu Turki Gelar Perundingan dengan GNA Libya

0
160

Sumber foto: Al-Jazeera

Tripoli,LiputanIslam.com—Rombongan diplomat senior Turki yang dipimpin langsung oleh Menlu Mevlut Cavusoglu dilaporkan oleh Al-Jazeera pada Kamis (18/6) telah tiba di ibu kota Tripoli Libya untuk bertemu dengan kelompok GNA, yang dipimpin oleh Fayez al-Sarraj.

Sumber serupa menyebut, Cavusoglu juga ditemani oleh Menkeu Turki, Berat Albayrak, dan ketua intelijen Hakan Fidan.

Dalam pertemuan itu, para pejabat Turki dilaporkan membahas perkembangan krisis terkini yang terjadi di Libya dan upaya-upaya yang diterapkan komunitas internasional untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pertemuan ini juga membahas implementasi nota kesepahaman keamanan dan militer yang telah disepakati pada November 2019 lalu antara kedua negara.

Baca juga: Turki Berencana Bangun Dua Basis Militer Permanen di Libya

Pemerintah Turki diketahui telah melakukan intervensi militer atas konflik di Libya yang berlangsung antara kubu GNA di bawah pimpinan Fayez al-Sarraj melawan kubu LNA di bawah pimpinan Khalifa Haftar.

Belakangan, Turki semakin meningkatkan kuantitas militernya ke Libya untuk mendukung GNA memukul mundur pengaruh LNA di negara itu.

Setelah kubu LNA disingkirkan dari ibukota Tripoli, komunitas internasional mulai mendesak adanya perundingan damai antara kedua kubu demi kemaslahatan rakyat Libya yang juga harus menghadapi wabah pandemi Covid-19.

Namun, Turki menuding upaya perdamaian itu hanyalah motif untuk melindungi Khalifa Haftar yang terpukul akibat kekalahannya di Tripoli beberapa waktu lalu. (fd/Al-Jazeera)

DISKUSI: