Menhan AS: Malam Ini Juga Kami Siap Berperang dengan Korut!

0
93

Washington,LiputanIslam.com-Menhan AS mengklaim, Washington siap berkonfrontasi dengan Pyongyang. Mark Esper bahkan mengatakan, malam ini juga AS siap berperang dengan Korut.

Dikutip dari Telegraph, pernyataan Esper dirilis menyusul pesan bernada mengancam dari Korut. Pyongyang menegaskan, jika Washington tidak berbuat apa-apa untuk mengurangi gesekan, Korut akan mengirim “hadiah Natal” kepada AS.

Melihat sikap terbaru Korut, bisa disimpulkan bahwa Pyongyang sudah tak berharap bisa menjalin kesepakatan dengan AS, walau Kim Jong-un telah 3 kali bertemu Donald Trump.

“Saya berharap kami bisa memulai proses (perundingan) dan bertahan di jalur diplomatik. Namun jika diperlukan, AS siap berperang malam ini juga,”kata Esper didampingi Mark Milley (kepala Staf Gabungan Militer AS).

Menanggapi ancaman Korut, Milley mengatakan bahwa Korea adalah salah satu tempat yang di sana AS selalu siap siaga.

“Kami siap setiap saat untuk melindungi kepentingan AS, Jepang, dan Korsel,”ujar Milley.

Meski demikian, Milley tidak menjawab saat ditanya apa yang akan dilakukan AS dan sekutunya di Semenanjung Korea jika Korut mengadakan uji coba nuklir lagi.

Korut memberi tenggat waktu hingga akhir 2019 agar AS memberi solusi praktis untuk perundingan pelucutan senjata nuklir yang menemui jalan buntu.

Selama ini, perundingan antara kedua negara tidak menghasilkan apa pun, kecuali bertambahnya sanksi atas Korut. Hal ini membuat gusar Pyongyang dan mendorongnya menguji coba peluncuran rudal berkali-kali. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu Pendukung Trump

Rusia dan Tiongkok Veto Resolusi Anti-Suriah, Pompeo Gusar

DISKUSI: