Media Israel Sarankan Saudi Beli Iron Dome untuk Hadapi Iran

0
138

TelAviv,LiputanIslam.com-Sebuah harian Israel pada hari Selasa (10/12) menurunkan tulisan tentang jalur yang ditempuh Rezim Zionis untuk menjalin hubungan dengan Saudi.

Jerusalem Post menyatakan, biasanya dikatakan bahwa Israel dan Saudi bekerjasama secara diam-diam untuk menghadapi musuh bersama, yaitu Iran.

Baca:  Ancaman Omong Kosong Israel terhadap Iran

Harian Israel ini melaporkan, kepala staf gabungan tentara Israel pada 2017 lalu mengusulkan agar Tel Aviv bekerjasama dengan Riyadh. Kerjasama ini dalam bentuk pertukaran informasi terkait senjata-senjata buatan Iran, yang dikirim ke kelompok-kelompok dukungannya di kawasan. Informasi-informasi tentang kemampuan militer Iran, akurasi rudal, dan nirawak yang sanggup terbang rendah, diklaim bisa memberikan solusi untuk menghadapi ancaman-ancaman Iran.

“Israel dan Saudi harus mengembangkan solusi operatif teknologi gabungan di bawah pengawasan AS. Keduanya mesti berbagi tantangan-tantangan yang mereka hadapi. Membuat sistem pertahanan dengan tujuan menghadapi proyek rudal presisi Iran bisa menjadi awal yang bagus,”tulis Jerusalem Post.

“Jika ada yang meragukan besarnya ancaman yang ada, dia harus melihat serangan ke fasilitas minyak Aramco pada September lalu. Serangan itu adalah alarm tanda bahaya bagi Saudi dan Israel. Saudi memenuhi 50 persen kebutuhan air minum penduduknya dengan fasilitas penyulingan air asin. Jika fasilitas ini mendapat serangan serupa, bencana besar akan terjadi. Di saat yang sama, Saudi juga bisa mempertimbangkan untuk membeli sistem pertahanan Iron Dome,”tandas Jerusalem Post. (af/alalam/fars)

 

DISKUSI: