McKenzie: Saudi Minta Bantuan untuk Tangkal Iran

0
324

Washington,LiputanIslam.com-Kantor berita Sputnik melaporkan, Komandan CENTCOM Jenderal Frank McKenzie menyakan, kendati Washington menghentikan dukungan terhadap perang Koalisi Saudi di Yaman di awal tahun ini, namun Pemerintahan Joe Biden tetap memberikan bantuan militer kepada Saudi. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kinerja sistem pertahanan Saudi untuk menghadapi rudal-rudal Yaman.

Ia menambahkan, Riyadh masih terus memohon bantuan militer dari AS sebagai “langkah preventif di hadapan Iran.”

“Saudi ingin kembali memastikan bahwa mereka akan mendapat bantuan jika terjadi serangan dari arah Iran. Orang-orang Saudi juga mengharap bantuan di hadapan serangan berkelanjutan Pemerintahan Keselamatan Nasional Yaman,”ujar McKenzie kepada awak media.

Tanpa mengajukan bukti, Komandan CENTCOM mengklaim, AS telah berhasil mencegah negara-negara seperti Iran menyerang negara lain.

“Kawasan Timteng secara luas adalah sebuah kancah persaingan ketat antara kekuatan-kekuatan besar. Saya rasa, kami telah menata posisi kami di Kawasan. Rusia dan China terus mengawasi kondisi dari dekat, agar bisa memanfaatkan kesempatan jika terjadi kekosongan (kekuatan) di Kawasan.”

“Saya pikir, mereka mengamati bahwa AS saat ini tengah mengubah titik fokusnya ke bagian-bagian lain di dunia. Sebab itu, Rusia dan China merasa mungkin akan mendapat peluang,”kata McKenzie. (af/alalam)

Baca Juga:

Hamas Belum Tunjukkan Kekuatan Sebenarnya dalam Perang 12 Hari

Ayatullah Khamenei Balas Surat Ismail Haniyeh dan Ziyad Nakhalah,  Ini Isi Lengkapnya

DISKUSI: