Mattis: Perpecahan adalah Ancaman Internal Terbesar untuk AS

0
103

Washington,LiputanIslam.com-Dilansir dari stasiun televisi CBS, mantan menteri pertahanan AS menyatakan, perpecahan internal adalaha ancaman terbesar untuk masyarakat Negeri Paman Sam.

Hal ini diungkapkan James Mattis dalam wawancara televisi pertamanya usai mengundurkan diri dari kabinet Donald Trump.

Saat ditanya tentang teroris ISIS, Mattis menjawab,”Ini adalah tantangan yang kita hadapi saat ini. Terorisme adalah ancaman yang meliputi segalanya. Ini ancaman yang benar-benar nyata.”

Baca: Putri dan Menantu Trump Ingin Haley Jadi Wapres AS

Terkait kelompok kulit putih radikal AS yang meyakini keunggulan ras kulit putih dan apakah mereka merupakan ancaman serius di dalam negeri, ia mengatakan,”Saya sepakat dengan pendapat bahwa perpecahan di negara kita sudah sangat serius. Menurut saya, ini adalah ancaman terbesar di negara kita. Tiadanya sikap saling menghormati, tidak mendengarkan pendapat sesama, dan tidak menghiraukan pandangan orang yang tidak sepakat dengan kita, adalah hal yang keliru. Padahal bisa jadi mereka memiliki pandangan-pandangan yang benar.”

“Apakah Presiden (Trump) merasakan perpecahan ini?”tanya pembawa acara.

“Saya pikir, masalah ini tidak berkaitan dengan seseorang atau sebuah pemerintah. Kondisi ini bisa menimbulkan akibat yang tidak baik. Sudah tiba saatnya kita menyingsingkan lengan baju dan mewujudkan tujuan utama kita. Tujuan utama kita terukir di mata uang logam kita, yaitu persatuan. Kita harus lebih sering bicara soal titik persamaan, sementara mayoritas kita justru kerap bicara soal perbedaan.” (af/yjc)

DISKUSI: