Majelis Perwakilan AS Cemaskan Politisasi Info soal Iran

0
96

Washington,LiputanIslam.com-Ketua 3 komite Majelis Perwakilan AS pada hari Kamis (16/5) mengirim surat ke menlu negara itu, Mike Pompeo. Dalam surat itu, mereka mengutarakan kekhawatiran atas penyalahgunaan klasifikasi dan politisasi informasi terkait Iran.

Surat tersebut ditandatangani oleh Adam Schiff (Komite Intelijen), Eliot Engel (Komite Luar Negeri), dan Adam Smith (Komite Angkatan Bersenjata).

Ketiganya mencemaskan laporan terakhir kemenlu AS tentang Iran. Menurut mereka, laporan itu disusun tanpa memerhatikan informasi akurat, atau menyelewengkan informasi guna mempersiapkan tindakan militer.

Dalam surat itu disebutkan, upaya untuk mempolitisasi penilaian terkait Iran berujung pada perselisihan pendapat di kemenlu AS, juga antara kemenlu dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya.

Laporan kemenlu AS tahun 2019 disebut 80 persen lebih ringkas dari laporan-laporan serupa di tahun-tahun sebelum ini. Kongres menilai bahwa kemenlu AS berupaya menyembunyikan sejumlah informasi.

Pada 15 April lalu, kemenlu AS menyampaikan laporan tahunan terkait komitmen negara-negara soal pengendalian senjata. Laporan setebal 12 halaman itu menghapus sejumlah negara, dan kebanyakan berfokus pada Iran.

Padahal, menurut Majelis Perwakilan AS, laporan serupa pada 2017 dan 2018 dimuat dalam berkas setebal 45 hingga 54 halaman.

Tiga komite di atas menilai, laporan kemenlu AS tahun ini lebih banyak berisi spekulasi serta opini pribadi.

Kemenlu AS diberi waktu hingga 23 Mei untuk memberi penjelasan terkait penyusunan laporan itu dan pihak-pihak mana saja yang terlibat di dalamnya. (af/alalam)

Baca:

Menlu Inggris Peringatkan Risiko Konflik antara AS dan Iran

Media Israel Menilai Trump Tidak Menghendaki Perang AS-Iran

DISKUSI: