Media Israel Menilai Trump Tidak Menghendaki Perang AS-Iran

0
73

TelAviv, LiputanIslam.com –  Rezim Zionis Israel berharap terjadi perang antara Amerika Serikat (AS) dan Iran, tapi sumber keamanan dan politik papan atas Israel memperkirakan harapan itu tidak akan terwujud.

“Suhu di Teluk Persia naik perlahan, tetapi sejauh yang dapat kami perkirakan, kita bukan sedang menyongsong pecahnya perang antara Iran dan AS,” ungkap sumber anonim itu berdasarkan laporan surat kabar Israel Haaretz yang dikutip Rai al-Youm, Sabtu (11/5/2019).

Sumber itu kemudian menjelaskan bahwa Presiden AS pun juga tampak tidak tertarik pada pengobaran perang melawan Iran.

“Donald Trump berjanji kepada para pemilihnya untuk mencegah perang yang tak perlu di Timur Tengah, dan janji ini tampaknya menjadi salah satu janji kampanyenya yang dia niati untuk konsisten kepadanya,” tuturnya.

Pengamat militer Haaretz, Amos Harel, mengutip keterangan para narasumber terpercayanya di Tel Aviv bahwa di Suriah pada dua tahun lalu Trump juga tak becus dalam melancarkan serangan ke Suriah yang dilakukan dengan dalih adanya penggunaan senjata kimia oleh pasukan Suriah. Saat itu AS melancarkan serangan dengan rudal jelajah, tapi ternyata semuanya berakhir di sana tanpa ada kelanjutannya.

Narasumber itu mengatakan kepada Haaretz bahwa Trump menyukai inisiatif yang resonansi waktunya terbatas, tidak menghendaki konfrontasi militer yang berkepanjangan, berbiaya mahal, dan tak jelas ujungnya,  sementara pihak Iran pun juga tidak terpancing kepada perang. (mm/raialyoum)

DISKUSI: