Mabuk Saat Mengemudi, Dua Diplomat Saudi Diusir dari Inggris

0
82

Sumber foto: Memo

London,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab,  menyebut dua diplomat Saudi telah diusir dari Inggris karena mengemudi sambil minum minuman keras.

Menurut keterangan Sky News pada Rabu(26/2), pasangan diplomat yang tidak disebutkan namanya itu diusir dari misi diplomatik setelah melakukan tiga pelanggaran. Salah satu dari mereka menghadapi dua tuduhan, yaitu mengemudi di bawah pengaruh alkohol . Sementara diplomat satunya mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan mengemudi secara ugal-ugalan.

Di Inggris, mengemudi di bawah pengaruh alkohol adalah kejahatan serius dan pemerintah berhak mencabut imunitas bagi seorang diplomat.

“Pelanggaran ini bersifat serius,” ucap Raab lewat pernyataan tertulis.

BacaLiga Arab Serukan Pengerahan Pasukan PBB di Wilayah Pendudukan Palestina

Sampai saat ini, sekitar 23.000 orang di Inggris memiliki imunitas diplomatik di bawah payung Kesepakatan Vienna tahun 1961 perihal hubungan diplomatik. Terkait kasus dua diplomat asal Saudi, Raab mengatakan,” Kantor Kemenlu Inggris tidak bisa mentolerir para diplomat asing yang telah melanggar hukum. Kami menanggapi semua tuduhan tindakan ilegal itu secara serius.”

Kejadian ini bukan pertama kalinya diplomat Saudi melakukan pelanggaran di Inggris. Forbes menyebut, diantara seluruh diplomat dari negara-negara Timur Tengah, diplomat Arab Saudi yang paling sering melanggar. Contohnya, pada 2016 lalu, seorang diplomat Saudi ditahan karena diduga menyetir tanpa menggunakan asuransi. Ditahun yang sama, seorang diplomat Saudi juga diduga telah menyetir di bawah pengaruh alkohol dan memainkan handphone.

Pada 2015 seorang diplomat Saudi dituduh melakukan perdagangan manusia, salah satu pelanggaran serius di Inggris. Pada 2014 dua diplomat Saudi lolos dari hukuman karena menyetir dibawah pengaruh minuman beralkohol.(fd/Memo)

DISKUSI: