Legislator Inggris: Peran London di Perang Yaman adalah Skandal Nasional

0
222

London,LiputanIslam.com-Seorang legislator Inggris mengkritik dukungan negara monarki ini terhadap Koalisi Saudi dalam perang yang menghancurkan Yaman.

Pada peringatan Hari Solidaritas dengan Rakyat Yaman Sedunia, Zahar Sultana, yang berasal dari Partai Buruh, di depan Parlemen Inggris menyebut peran negaranya di perang Yaman sebagai sebuah skandal nasional.

Sultana lalu mengutip statemen PBB pekan lalu, bahwa 2 juta warga Yaman, meliputi 10 juta anak, menghadapi bahaya kelaparan dan kelangkaan pangan. 80 persen populasi Yaman juga bergantung kepada bantuan kemanusiaan, sementara 1 juta orang terjangkit Covid-19.

“Yang menyebabkan keprihatinan dan memunculkan skandal nasional adalah bahwa semua kejahatan perang dan krisis kemanusiaan ini tak mungkin terjadi tanpa bantuan AS dan Inggris,”tandasnya.

“Bom-bom buatan AS dan Inggris ditembakkan dari jet-jet bikinan AS dan Inggris. Para pilot jet-jet itu juga dilatih oleh AS dan Inggris,”imbuh Sultana.

Di akhir pidatonya, Sultana mengkritik keras Pemerintahan Boris Johnson dan menegaskan, Pemerintah Inggris terlibat penuh dalam perang di Yaman. Dia menyampaikan pesan bahwa London mesti menghentikan penjualan senjata ke Riyadh. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Gelombang Unjuk Rasa Anti-AS Warnai Sanaa dan Beberapa Kota lain di Yaman

Saudi Mengaku Ingin Perang di Yaman Dihentikan

DISKUSI: