Lebanon Minta Rusia Berikan Foto-foto Satelit Ledakan Pelabuhan Beirut

0
262

Beirut,LiputanIslam.com-Lebanon pada hari Jumat (29/10) secara resmi mengajukan permintaan kepada Rusia untuk memperoleh foto-foto satelit terkait ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut.

Permintaan ini disampaikan Presiden Lebanon Michel Aoun kepada Dubes Rusia melalui akun resmi Kepresidenan Lebanon.

Permintaan tersebut diajukan beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kesediaan Moskow untuk membantu Beirut.

”Kami akan mengkaji cara membantu penyelidikan ledakan pelabuhan Beirut. Jika ada foto-foto satelit, kami akan memberikannya,”kata Putin saat itu.

Putin mengatakan, ledakan pelabuhan Beirut terjadi karena sebagian pihak berusaha mendapatkan banyak laba dengan cara menjual pupuk dengan harga lebih mahal.

“Sangat penting bagi kami di Rusia agar sebuah landasan bersama tersedia tanpa adanya konflik untuk mewujudkan kesepakatan antara kelompok-kelompok di Lebanon,”kata Putin.

Dalam perkembangan terakhir terkait ledakan pelabuhan Beirut, Hakim Tarek Bitar, yang ditugaskan menangani kasus ini, telah menghentikan sidang interogasi mantan PM Lebanon Hasan Diab, menyusul diajukannya gugatan dari pengacara Diab terhadap Bitar.

Para petinggi Hizbullah, termasuk Sekjen Sayyid Hasan Nasrallah, berkali-kali mendesak agar Bitar dipecat dari tugasnya.

Ledakan dahsyat pada 4 Agustus 2020 telah menghancurkan kawasan pelabuhan ibu kota Lebanon. Ledakan itu menewaskan lebih dari 190 orang dan melukai 6.500 lainnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Ansarullah Yaman Nyatakan Simpatinya kepada Menteri Informasi Lebanon

Bikin Heboh Soal Perang Yaman, Menteri Lebanon Tolak Minta Maaf kepada Saudi

 

DISKUSI: