Laut Gaza Ditutup, 4000 Nelayan Palestina Akan Jadi Pengangguran

0
2

Sumber foto: Al-Alam

Gaza,LiputanIslam.com—Penutupan laut Gaza telah memasuki hari kedua, Pasukan Kependudukan Israel (IOF) terus berpatroli di sekitar wilayah laut Gaza dan mencegah para nelayan Palestina melaut.

Menurut laporan portal berita berbahasa Arab, Al-Alam, pada Rabu (26/2), kapal perang Israel juga mengejar para nelayan yang nekat melaut dan menembaki mereka.

Ketua serikat nelayan Palestina, Nizar Ayyash, mengatakan bahwa para nelayan nekat mengambil resiko demi memenuhi kebutuhan harian mereka.

Ayyash menggambarkan blokade laut oleh militer Israel akan membuat 4.000 nelayan Palestina menjadi pengangguran.

“Nelayan hari ini mempertaruhkan diri dan hidup mereka untuk berlayar meskipun ada larangan untuk mencari nafkah bagi anak-anak,” ungkapnya.

Ayyash memaparkan, sampai saat ini belum ada data resmi ihwal kerugian yang dialami oleh para nelayan. Namun, menurutnya, jika penghasilan rata-rata setiap nelayan perhari adalah 30 dolar, maka total kerugian yang dialami 4.000 nelayan Palestina perhari adalah 120.000 dolar.

BacaYordania Ingatkan Netanyahu Resiko Membangun Permukiman di Yerussalem

Sementara itu, koodinator komite nelayan Palestina, Zakaria Bakr, menilai blokade akses laut oleh militer Israel bertujuan untuk menyerang elemen ekonomi dan keamanan pangan rakyat Palestina.(fd/Al-Alam)

DISKUSI:
SHARE THIS: