Komandan CENTCOM: Tak Ada Aspek Militer dalam Kebijakan Tekanan Maksimum atas Iran

0
144

Teheran,LiputanIslam.com-Komandan Pasukan AS di Timteng (CENTCOM) dalam wawancara dengan media Lebanon kembali menegaskan, AS tidak berniat memerangi Iran.

“Kebijakan Tekanan Maksimum atas Iran hanya diterapkan pada kancah ekonomi dan diplomatik. Sama sekali tak ada aspek militer di dalam kebijakan ini,”kata Kenneth McKenzie kepada stasiun televisi LBCI.

Di bagian lain wawancara tersebut, McKenzie mengklaim bahwa AS tidak memiliki kepentingan jangka panjang di Suriah.

“Kami tidak memiliki kepentingan jangka panjang di Suriah. Pada akhirnya, ini hanya masalah politis, bukan militer,”ujarnya.

Bulan lalu, Komandan CENTCOM ini juga menepis adanya aspek militer dalam kampanye Tekanan Maksimum atas Teheran. McKenzie pada tanggal 10 Juni lalu mengklaim, Tentara AS hanya “melakukan tindakan preventif” di hadapan Iran.

Presiden AS Donald Trump berjanji, setelah menarik AS keluar dari JCPOA, ia akan memberlakukan kebijakan yang disebut Tekanan Maksimum atas Iran. Tujuannya adalah meyakinkan Teheran untuk kembali berunding dan membuat “kesepakatan yang lebih baik.”

Dua tahun setelah janjinya ini, Trump masih gagal mewujudkan tujuannya. Sebab itu, ia menjadi sasaran kritik dari berbagai pihak di AS, terutama menjelang Pilpres AS pada November nanti. (af/alalam)

Baca Juga:

Tekanan Maksimum AS Munculkan Perlawanan Maksimum Iran

Majalah AS: Iran Sudah Kebal dari Tekanan-tekanan Washington

DISKUSI: