Koalisi Saudi Curi Kapal Bermuatan Gas Rumahan untuk Rakyat Yaman

0
172

Sanaa,LiputanIslam.com-Jubir Perusahaan Minyak Yaman, Isham Mutawakkil pada hari Jumat (12/2) mengabarkan dicurinya sebuah kapal yang memuat gas rumahan untuk rakyat Yaman.

Dalam wawancara dengan kantor berita resmi Yaman, SABA, Mutawakkil mengatakan bahwa Koalisi Saudi telah mencuri kapal yang membawa 5001 ton gas rumahan tersebut. Dengan demikian, jumlah kapal sitaan menjadi 13 kapal pemuat komoditas minyak.

Mutawakkil lalu mengkritik masyarakat internasional dan PBB terkait tindakan Koalisi Saudi ini. Ia menegaskan, kebungkaman masyarakat internasional dan PBB adalah salah satu faktor terpenting yang mendorong Koalisi Saudi menyita kapal-kapal bermuatan minyak. Kapal-kapal itu dilarang memasuki pelabuhan al-Hidaydah di barat Yaman, kendati mengantongi izin dari PBB.

Menurutnya, semua tindakan semena-mena ini adalah bukti jelas bahwa AS mengerahkan segala usaha untuk mencekik rakyat Yaman dan melipatgandakan penderitaan mereka.

Ia pun menyatakan Koalisi Saudi, AS, dan PBB turut berperan dalam blokade atas Yaman, sehingga bertanggung jawab atas semua kesengsaraan rakyat Yaman serta memburuknya situasi di negara tersebut pada hari-hari mendatang.

Berdasarkan pengumuman Perusahaan Minyak Yaman, Koalisi Saudi pada tahun 2020 telah menyerang 72 muatan BBM Yaman dan menyitanya secara paksa, padahal semua muatan itu memiliki izin dari PBB. (af/fars)

Baca Juga:

Pesawat Terbakar di Bandara Abha, Saudi dan AS Kutuk Ansarullah Yaman

AS Nyatakan akan Terus Menekan Ansarullah Yaman

DISKUSI: