Kim Jong-un Dikabarkan Kritis, Adiknya Disebut-sebut akan Jadi Suksesor

0
745

Pyongyang,LiputanIslam.com-Seiring dengan rumor-rumor tentang kondisi kritis Pemimpin Korut, perhatian semua pihak tertuju kepada saudarinya yang secara bertahap telah menaiki jenjang kekuasaan.

CNN pada 20 April lalu merilis laporan terkait kondisi kesehatan Kim Jong-un. Dia dilaporkan menjalani operasi jantung lantaran “terlalu banyak merokok, obesitas, dan bekerja melebihi batas.”

Menurut CNN, para pejabat AS tengah memantau segala berita tentang Jong-un. Salah satu dari mereka membenarkan adanya kekhawatiran terkait kondisi kesehatan Pemimpin Korut itu. Namun dia mengatakan, sulit untuk menilai gawatnya kondisi Jong-un.

Dalam situasi ini, semua perhatian tertuju kepada Kim Yo-jong, adik perempuan Jong-un. Yo-jong telah merilis statemen terbuka perdananya pada Maret lalu. Dia juga telah diangkat sebagai Wakil Pertama Direktur Komite Pusat Partai Buruh Korut.

Yo-jong adalah salah satu penasihat dekat kakaknya. Bahkan ia mewakili Jong-un dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 lalu.

Toshimitsu Motegi (Menlu Jepang) pada hari Selasa ini (21/4) menyatakan, pemerintah Jepang berusaha keras untuk menghimpun informasi dan analisis atas laporan-laporan terkait kondisi fisik Jong-un.

“Kami berniat mengerahkan segala upaya untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi-informasi. Di saat yang sama, kami juga akan bekerjasama dengan AS dan pihak-pihak lain,”kata Motegi dalam konferensi pers mingguannya. (af/alalam/isna)

Baca Juga:

Rai Al-Youm: Belajar Tidak Tunduk kepada AS dari Korut dan Iran

Ditawari Ventilator oleh Trump, Zarif: Iran Justru Akan Jadi Eksportir Ventilator

DISKUSI: