Khazali Tepis Tudingan al-Hashd al-Shaabi ‘Tak Bernegara”

0
378

Baghdad,LiputanIslam.com-Sekjen Ashaib Ahl al-Haq, Qais Khazali menanggapi tuduhan miring yang dilancarkan sebagian pihak, bahwa al-Hashd al-Shaabi ‘nirnegara’.

“Ada orang-orang yang menuding kami sebagai ‘nirnegara.’ Apakah mereka yang telah membangun negara ini dari tahun 2003 hingga sekarang? Jika hari ini ada kelompok-kelompok ‘nirnegara’ dan senjata-senjata ilegal, itu karena ada orang-orang yang tidak menjalankan kewajiban mereka terhadap Negara,” tandas Khazali, seperti dilansir al-Ahd.

“Orang-orang yang dituding ‘nirnegara’ adalah mereka yang mengangkat senjata untuk melawan penjajah dan membela kedaulatan Irak. Andai dahulu ada sistem keamanan, para relawan tidak akan mengambil senjata dan tidak memerangi ISIS,” lanjutnya.

Menurut Khazali, tuduhan ‘nirnegara’ disematkan kepada al-Hashd al-Shaabi dengan motif politis. Ia menyatakan, jika Pasukan AS sudah diusir dari Irak sesuai keputusan Parlemen, maka al-Hashd al-Shaabi akan meletakkan senjata.

Ia juga menyoroti kehadiran elemen-elemen Zionis, seperti Mossad, di wilayah Irak. Khazali menilai bahwa aktivitas Israel memicu ketidakamanan di negaranya.

“Mossad berupaya meneror sejumlah tokoh Kataib (Hizbullah Irak) dan Brigade al-Salam demi mengadu domba mereka. Keberadaan Israel di Irak, bukan hanya di Kurdistan, lebih banyak dari yang diprediksi. Sebelum ini, Israel melakukan aktivitas melalui tangan antek-anteknya di Irak. Namun saat ini mereka sendiri hadir di beberapa provinsi Irak,” kata Khazali. (af/fars)

Baca Juga:

Wakil MI6 Inggris Temui Mantan Pemimpin Jabhat al-Nusra

Terungkap, Ini Alasan Prancis Tidak Ikut Menginvasi Irak

DISKUSI: