Khawatirkan Corona, AS Batal Hadiri KTT ASEAN

0
91

Washington,LiputanIslam.com-AS memutuskan untuk tidak menghadiri KTT ASEAN dengan dalih mencemaskan penyebaran virus Corona.

“Sebagaimana masyarakat dunia berupaya untuk menundukkan virus baru Corona, AS telah berkonsultasi dengan para partnernya di ASEAN dan imengambil keputusan sulit, yaitu tidak menghadiri KTT ASEAN,”kata seorang pejabat AS kepada Reuters.

Dia menambahkan, Washington menganggap penting hubungannya dengan para anggota ASEAN dan akan tetap menghadiri pertemuan-pertemuan mendatang.

Elizabeth Dugan (deputi ketua Dewan Dagang AS-ASEAN) mengatakan, dirinya mengetahui kabar di atas. Ia menyatakan, pertemuan dengan topik teknologi, yang rencananya akan diadakan di sela-sela rapat utama, juga telah dibatalkan.

Donald Trump juga tidak menghadiri KTT ASEAN tahun lalu. Dia malah meminta agar para kepala negara ASEAN menemuinya di Las Vegas.

Sejak dimulainya penyebaran virus Cofid-19 di dunia, hingga kini 60 orang di AS dikabarkan telah terjangkit virus ini. Banyak politisi dan legislator AS yang menganggap tindakan Gedung Putih untuk mencegah Corona “tidak mencukupi.”

Mike Pence (wapres AS) mengklaim, nyaris semua penderita Corona telah diobati dan kondisi mereka sudah pulih. Menurutnya, hanya satu orang pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

AS Mengaku Tidak akan Mengirim Pasukan untuk Membantu Turki di Idlib

Legislator Jerman: Pemerintahan Merkel Terlibat dalam Teror Soleimani

DISKUSI: