Kesepakatan Taliban-Washington Tak Terkait Keluarnya Militer AS

0
109

Kabul,LiputanIslam.com-Kemenlu Rusia dalam statemennya mengumumkan, Zamir Kabulov (wakil khusus Putin untuk Afghanistan) akan pergi ke Qatar guna menghadiri penandatanganan kesepakatan AS-Taliban. Menurut Moskow, kesepakatan itu dijalin untuk mengeluarkan pasukan AS dari Afghanistan.

Pernyataan Rusia ditanggapi oleh jubir kepresidenan Afghanistan. Sadeq Sadeqi menjelaskan, kesepakatan itu tak ada kaitannya dengan rencana keluarnya militer AS dari negaranya.

“Kesepakatan ini tidak berhubungan dengan kepergian pasukan AS. Ini adalah peluang bagi Taliban untuk menghentikan kekerasan, memutus hubungannya dengan al-Qaeda dan kelompok-kelompok teroris lain, dan mencari solusi politik untuk mewujudkan perdamaian langgeng di Afghanistan,”cuit Sadeqi dalam laman Twitter.

Sebelum ini, Mike Pompeo (menlu AS) menyatakan, jika periode pengurangan kekerasan berhasil, kesepakatan dengan Taliban akan ditandatangani pada 29 Februari atau berdekatan dengan tanggal tersebut.

Sejak dahulu, masalah keluarnya pasukan AS dari Afghanistan menjadi bahan pertikaian antara Taliban dan Washington. Washington menyatakan, jika kesepakatan telah dibuat, maka pasukan AS akan dikurangi menjadi 8.600 personel. Di lain pihak, Taliban bersikeras bahwa semua serdadu AS harus angkat kaki dari Afghanistan. (af/alalam)

Baca Juga:

Hadiah 1.400 Dolar Bagi yang Mengakui Terjangkit Corona!

Video: Pasukan Israel Tembak Mata Kiri Seorang Bocah Palestina

DISKUSI: