Keputusan Trump Hentikan Bantuan ke WHO Menuai Protes Global

0
334

Presiden AS, Donald Trump. Sumber foto: Presstv

Washington,LiputanIslam.com—Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah menghentikan aliran dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), organisasi dunia yang sedang berusaha melawan pandemi virus Corona di seluruh dunia. Langkah ini menuai protes keras dunia internasional.

Pemerintah Cina mengatakan pada Rabu (15/4), bahwa AS harus memenuhi kewajibannya terhadap WHO, saat dua juta orang tengah berjuang melawan penyakit Covid-19 di seluruh dunia.

Jubir menlu Cina, Zhao Lijian, menyebut keputusan presiden Trump ini akan berdampak pada seluruh dunia.

Trump mengklaim WHO telah lalai dalam menangani krisis pandemi Corona. Alasan inilah yang dipakai oleh Trump untuk menghentikan aliran dana AS ke WHO.

Wabah Corona telah menjangkiti 607.000 orang dan menyebabkan 28.000 orang meninggal dunia di AS. Sejauh ini, AS adalah negara dengan angka kematian terbesar di dunia akibat Corona. Presiden Trump dianggap telah lalai mengatasi laju penyebaran virus di AS.

Baca juga:Tuding WHO Memihak China, Trump Hentikan Bantuan AS

Saat ditanya apakah Cina akan menggantikan aliran dana ke WHO yang diputus AS, Zhao menjawab,”Cina akan mengamati perkembangannya isu yang beredar, berdasarkan atas situasi yang dibutuhkan.”

Sebelumnya, AS adalah donatur WHO terbesar di dunia. Pada 2019, sumbangan AS ke WHO mencapai $400 milyar, jumlah ini adalah 15% dari total dana yang dimiliki organisasi dunia itu. (fd//Presstv)

DISKUSI: