Kelompok-kelompok Palestina Bersikeras Pemilu Juga Diadakan di Quds

0
303

Quds,LiputanIslam.com-Anggota Komite Pusat Fatah, Husain al-Syaikh mengumumkan, kelompok-kelompok Palestina berniat mengambil sikap seragam terkait keikutsertaan Quds dalam pemilu mendatang. Pemerintah Otonomi Palestina (PNA) pada dua bulan lalu secara resmi telah meminta Israel mengizinkan pemilu diadakan di Quds.

Salah satu anggota Kantor Politik Hamas, Izzat al-Rashaq menegaskan bahwa keikutsertaan Quds (Yerusalem) dalam pemilu Palestina tidak bisa ditawar-tawar lagi. Pemilu Palestina direncanakan berlangsung pada bulan Mei mendatang.

Harian transregional al-Quds al-Arabi melaporkan, al-Rashaq mengatan,”Kami menegaskan dan bersikeras agar penduduk Quds bisa berpartisipasi dalam pemilu mendatang. Artinya, penduduk Quds harus bisa menjadi kandidat atau turut serta memberikan suara, sama seperti yang dilakukan dalam pemilu 2006.”

“Ini adalah sikap tegas yang tak bisa ditawar dan dikompromikan. Tidak akan ada pemilu minus Quds, sebab pemilu adalah hak historis bangsa Palestina.”

Dia meminta agar bangsa Arab, Umat Islam, dan masyarakat internasional mendesak Rezim Zionis untuk berhenti menghalang-halangi penyelenggaraan pemilu di Quds.

Al-Rashaq juga meminta mereka untuk memihak bangsa Palestina dalam mewujudkan persatuan, kebebasan, dan kemerdekaan.

Berdasarkan kesepakatan antara PLO dan Rezim Zionis, yang diteken pada 28 September 1995 di Washington, penduduk Quds bisa berpartisipasi dalam pemilu Palestina. (af/fars)

Baca Juga:

Setelah Diadili, Netanyahu Umbar Ancaman ke Iran

Iran Ringkus Sejumlah Agen Spionase  Asing, termasuk Israel

DISKUSI: