Kedekatan New Delhi-Washington Bahayakan Kepentingan India Sendiri

0
243

NewDelhi,LiputanIslam.com-Mantan Dubes India untuk Saudi, Oman, dan UEA, Talmiz Ahmad menyoroti perubahan kebijakan India di masa PM Narendra Modi terhadap Iran.

Dalam wawancara dengan Sputnik, Ahmad menilai India terlalu mematuhi kebijakan AS soal Iran, juga negara-negara selain Iran di Timteng. Menurutnya, sikap seperti ini berpotensi mengancam kepentingan New Delhi sendiri.

“Dalam periode terakhir ini, yang mencemaskan saya adalah persetujuan penuh India dengan apa yang dimulai Donald Trump di tahun 2018. India memang berpartisipasi dalam pengembangan sebuah hubungan keamanan dengan AS. Namun para politisi India semestinya bisa memberitahu Washington bahwa penting bagi New Delhi untuk menjaga hubungan dengan Teheran,”kata Ahmad.

“India bukan hanya berada satu kawasan dengan Iran. Keduanya juga memiliki hubungan peradaban selama ribuan tahun. Selain itu, masih ada kepentingan geopolitik, ekonomi, dan keamanan yang mesti diperhatikan,”imbuhnya.

Mantan diplomat India ini berpendapat, hubungan antara negaranya dengan AS tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebab, India selalu berkomitmen untuk melindungi kepentingan AS. Namun di pihak lain, Washington tidak menunjukkan komitmen serupa terkait kepentingan New Delhi. (af/fars)

Baca Juga:

Iran Ingatkan Negosiasi Nuklir Jangan Dikaitkan dengan Urusan Pertahanan

Haley: Iran Tak Lagi Takut kepada AS

DISKUSI: