Jubir Paramiliter Irak: Serangan ke Kedubes AS Bukan Perbuatan Kelompok Resistan

0
156

Baghdad,LiputanIslam.com-Juru bicara kelompok Ashaib Ahl al-Haq Irak melalui statemennya menegaskan, kelompok-kelompok Resistan bukan pelaku serangan roket ke kedubes AS di Baghdad.

Jawad al-Thulaibawi dalam akun Twitter-nya menyatakan, tak satu pun kelompok dari al-Hashd al-Shaabi yang terlibat dalam penembakan roket ke kawasan Zona Hijau. Bahkan, pada dasarnya, al-Hashd al-Shaabi sudah lama tidak menggunakan roket jenis Katyusha.

“Sebelum ini, kami sudah menegaskan bahwa kelompok-kelompok Muqawamah/Resistan tidak akan menargetkan kedubes atau tempat-tempat diplomatik di Irak. Roket-roket yang digunakan adalah jenis yang sudah bertahun-tahun tak digunakan kelompok Resistan,”tandas al-Thulaibawi.

“Kami sudah umumkan sebelum ini, bahwa balasan kami atas teror terhadap Abu Mahdi al-Muhandis tidak lebih rendah dari balasan Republik Islam Iran atas teror Qassem Soleimani,”imbuhnya.

Al-Thulaibawi juga pernah mengatakan,”Amat memalukan bahwa balasan atau serangan ini semacam ini dikaitkan kepada kelompok-kelompok Resistan. Kelompok-kelompok Resistan tidak lagi menggunakan roket Katyusha. Roket jenis ini bahkan tak digunakan lagi dalam operasi paling sederhana sekalipun.”

Media-media pada Minggu sore (26/1) mengabarkan ditembakkannya sejumlah roket ke Zona Hijau di Baghdad, yang di sana terletak kedubes AS. Sedikitnya satu orang dikabarkan terluka akibat serangan itu. Meski demikian, sejumlah media mengklaim korban luka lebih dari satu orang. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Washington Tuding Iran Ancaman bagi Keamanan Irak

10.000 Rakyat AS Ajukan Permintaan Maaf Kepada Bangsa Iran

DISKUSI: