Jubir Houthi: Koalisi Pimpinan Saudi Lancarkan 26 Serangan Udara ke Yaman Utara

0
339

Ilustrasi serangan koalisi Arab Saudi ke Yaman. Sumber foto: A News

Sana’a,LiputanIslam.com—Koalisi pimpinan Arab Saudi telah melancarkan 26 serangan udara ke Yaman bagian barat dan utara, meskipun koalisi sempat mengumumkan genjatan senjata di tengah mewabahnya pandemi Covid-19.

“Pasukan udara koalisi pimpinan Saudi telah melancarkan lebih dari 26 serangan udara; 18 serangan telah menargetkan distrik Majzar dan Sarwah di provinsi Marib, enam serangan ke distrik Khabb wa Shaaf di provinsi Jawf,” jelas Yahya Sare, jubir kelompok Houthi, seperti dikutip Sputnik pada Rabu (15/4).

Ia menyebut, dua serangan udara juga diarahkan ke provinsi Sa’ada dan Bayda bagian barat.

Pada 10 April lalu, menteri luar negeri Arab Saudi, Mohammed Al-Hadhrami, mengakui perlunya melakukan genjatan senjata dan meminta semua pihak untuk bersama-bersama melawan Covid-19.

Baca: Corona, Hadiah Saudi untuk Yaman

Dua hari sebelumnya, kerajaan berjanji akan menghentikan semua operasi militer selama dua minggu, sebagai jawaban atas seruan PBB untuk melakukan genjatan senjata di tengah krisis yang menyebar di seluruh dunia.

Yaman telah menderita konflik bersenjata berkepanjangan antara para pasukan pemerintah pimpinan Abdul Rabbuh Mansur Hadi yang didukung oleh Arab Saudi melawan kelompok Houthi. Konflik telah menimbulkan krisis kemanusiaan di Yaman, akibat rusaknya berbagai fasilitas publik, kesehatan, dan pendidikan. (fd/Sputnik)

DISKUSI: