Jaafari: Barat Jadikan Dewan Keamanan sebagai Bonekanya

0
188

Damaskus,LiputanIslam.com-Wamenlu Suriah Bashar Jaafari kembali menegaskan, Barat berusaha menjadikan Dewan Keamanan PBB untuk menentang Damaskus dan menjustifikasi intervensi asing di Suriah.

“Negara-negara Barat ingin mengulang skenario-skenario keji di Suriah, yang dipropagandakan oleh mereka di negara-negara lain dengan label-label yang menipu. Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi menunjukkan efek destruktif skenario-skenario tersebut,”tegas Jaafari dalam rapat virtual Dewan Keamanan.

Ia juga menyebut negara-negara Barat berupaya untuk memperpanjang krisis di negaranya.

“Negara-negara Barat dalam 10 tahun terakhir mengerahkan usaha untuk memperburuk krisis dan memperpanjangnya serta menghalangi ditemukannya solusi krisis,”imbuhnya.

“Mungkin kini, di akhir tahun, sudah tiba saatnya bagi Barat untuk memiliki pemahaman politik dan diplomasi yang lebih matang. Sudah tiba waktunya bagi mereka untuk mengakui kesalahan-kesalahan mereka, bukan hanya di Suriah, tapi juga negara-negara lain di Kawasan; kesalahan-kesalahan yang telah menumpahkan darah banyak orang dan menimbulkan kesulitan bagi mereka,”kata Jaafari.

Ia lalu menyinggung pendudukan AS di Suriah dan berkata,”10 tahun setelah tindakan Dewan Keamanan untuk mengatasi problem di Suriah, kami menyaksikan pendudukan AS di berbagai titik di timur laut Suriah. Pendudukan AS ini didukung milisi separatis dan lembaga-lembaga ilegal.” (af/alalam)

Baca Juga:

Sayangkan AS, IAEA Sebut Iran Ingin Keamanan dan Stabilitas di Dunia

Iran Kutuk Sanksi AS terhadap Turki

DISKUSI: