Israel Larang Pasokan BBM ke Gaza, Hamas: Konsekuensi Ditanggung Israel

0
142

Gaza,LiputanIslam.com-Jubir Hamas, Fauzi Barhoum, merespons tindakan Rezim Zionis yang menghalangi pasokan BBM ke Jalur Gaza.

Petinggi Rezim Zionis pada hari Kamis ini telah mempersempit blokade atas Gaza. Pasokan BBM dilarang memasuki kawasan itu hingga pemberitahuan selanjutnya.

“Agresi yang berulangkali dilakukan Israel terhadap Jalur Gaza, selain pelarangan pasokan BBM dan barang, adalah tindakan yang semena-mena dan membahayakan,”kata Barhoum.

Jubir Hamas memperingatkan, langkah ini akan memicu sejumlah konsekuensi yang tidak terbayangkan bagi Rezim Zionis. Barhoum menegaskan, Israel adalah pihak yang mesti menanggung semua akibatnya.

Ia menyatakan, kondisi semacam ini tak akan dibiarkan berlanjut begitu saja.

Selain melarang pasokan BBM, Rezim Zionis juga menutup perlintasan Karam Abu Salim di selatan Gaza.

Israel juga memutuskan, mulai saat ini para nelayan Gaza hanya bisa mencari ikan maksimal hingga radius 8 kilometer dari pantai.

Pengetatan blokade atas warga Gaza yang berjumlah hampir dua juta orang ini juga dibarengi dengan serangan jet tempur dan meriam Israel. Serangan ini dilancarkan sejak dua hari terakhir, dengan dalih sebagai balasan atas terbangnya balon-balon berapi dari Gaza menuju pemukiman Zionis.

Pada pukul 3 dini hari Kamis (13/8) waktu setempat, jet-jet Israel menembakkan sebuah rudal ke barat Gaza, dan rudal lain ke sebuah ladang pertanian di timur Beithanoun. Serangan itu tidak menelan korban jiwa, namun menimbulkan kerugian materi atas warga.

Beberapa hari lalu, Israel juga melarang pasokan bahan bangunan ke Gaza. Menanggapi serangan dan pembatasan ini, seorang petinggi Jihad Islami, Dawud Shahab, mengatakan,”Poros Perlawanan akan menggunakan semua sarana yang diperlukan untuk membalas musuh.”

Di lain pihak, harian Maariv melaporkan bahwa Tentara Israel telah menambah jumlah sistem pertahanan Iron Dome, pasca meningkatnya ketegangan situasi di pemukiman sekitar Gaza. (af/fars)

Baca Juga:

Gempar, UEA Adakan Perjanjian Normalisasi Dengan Israel, Ini Reaksi Keras Palestina

Infografis : Pro Kontra Kesepakatan Israel-UEA

DISKUSI: