Iran: Teror atas Soleimani adalah Blunder Strategis Terbesar AS di Timteng

0
190

Teheran,LiputanIslam.com-Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran mengadakan rapat luar biasa hari ini, Jumat (3/1), menyusul gugurnya Qassem Soleimani akibat serangan udara AS di Baghdad.

Dalam statemen yang dirilisnya, dewan ini menyebut komandan Pasukan Qods IRGC sebagai kebanggaan bangsa Iran, bahkan juga bagi Muslimin dan kaum tertindas di dunia.

“Meski gugurnya komandan besar Muqawamah ini merupakan kehilangan besar bagi Dunia Islam dan Iran, namun-sebagaimana diungkapkan Imam Khomeini-tiap panji yang jatuh dari tangan seorang panglima tangguh, akan kembali dikibarkan panglima lainnya,”demikian isi salah satu alinea dalam statemen Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran.

Dewan menyebutkan, angkatan bersenjata Iran akan tetap teguh dengan gugurnya Soleimani, sebagaimana sebelumnya juga tidak pernah goyah dengan kemartiran para panglima besar lainnya.

AS harus tahu bahwa serangan biadab terhadap Soleimani adalah blunder strategis terbesarnya di kawasan Asia Barat (Timteng). AS tidak akan terhindar dengan mudah dari seluruh konsekuensi salah perhitungan ini,”tandasnya.

Menurut Dewan, serangan udara AS ini adalah pembalasan dendam ISIS dan teroris takfiri, karena para martir dalam serangan itu adalah “simbol-simbol terkikisnya terorisme di Irak dan Suriah.”

“Berbaurnya darah para perwira mulia Iran dan Irak di jalan ini adalah lambang hubungan tak terpisahkan dua bangsa Iran dan Irak di masa depan. Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran dalam rapat luar biasanya hari ini telah mengkaji berbagai aspek kejadian ini dan mengambil keputusan yang diperlukan. Dengan ini, Dewan mengumumkan bahwa rezim AS akan menanggung seluruh konsekuensi petualangan kriminal ini,”pungkas Dewan.

Selain Qassem Soleimani, sembilan orang lain, termasuk seorang petinggi al-Hasd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, juga gugur dalam serangan udara AS Jumat dini hari tadi. (af/fars)

Baca Juga:

Sekilas Perjalanan Hidup Syahid Qassem Soleimani

Zarif: Pembunuhan Soleimani akan Kobarkan Semangat Kubu Perlawanan

DISKUSI: