Iran Pertanyakan Standar Ganda FIFA soal Politisasi Olahraga

0
664

Teheran,LiputanIslam.com-Akibat dicoretnya Rusia dari turnamen sepak bola oleh FIFA, Rouhullah Motafaker Azad sebagai anggota Parlemen Iran mengomentari hal tersebut. Dia berkata “Apa yang dilakukan oleh FIFA membuktikan bahwa Federasi ini ikut campur dalam masalah politis, klaim jika olahraga harus dipisahkan dari politik menjadi omong kosong belaka.”

“Yang dipertanyakan kepada FIFA adalah saat ini Rusia tidak diperbolehkan hadir di lapangan, kenapa tim-tim sepak bola negara-negara penyerang Yaman selama 8 tahun terakhir tidak mendapatkan sanksi?”tanyanya.

“Sangat disayangkan FIFA sudah mulai mencampuri olahraga dengan masalah politik. Dengan begitu kepentingan politis Barat akan semakin terwujud”ungkapnya.

Sejak Moskow melancarkan operasi militer ke Ukraina dari Kamis pekan lalu, mengakibatkan Rusia dikucilkan sepenuhnya dari lapangan-lapangan olahraga.

Euronews mengabarkan, risiko terberat yang ditanggung Rusia akibat perbuatannya yaitu tim nasionalnya tidak dapat bergabung di Piala Dunia 2022 Qatar, dikarenakan sanksi AS dan Barat untuk semua tim nasional serta klub Rusia.

FIFA dan UEFA pun mengumumkan, semua pertandingan nasional tidak boleh diikuti oleh tim nasional dan klub-klub Rusia. Termasuk pertandingan play off Piala Dunia Qatar melawan Polandia. Tidak hanya itu, tim nasional wanita Rusia juga dikenakan sanksi tidak boleh hadir di Piala Eropa yang akan diadakan di Inggris.(af/fars)  

Baca Juga:

Iran Maklumi Kekhawatiran Rusia soal Perluasan NATO

Rusia Pastikan Sanksi Tak Dapat Membendung Invasi Militernya di Ukraina

DISKUSI: