Iran Pastikan Tahap III Pengurangan Komitmen JCPOA

0
88

Teheran,LiputanIslam.com-Kendati perundingan Iran dan Eropa masih berlanjut, namun dengan melihat bahwa Eropa saat ini tidak mampu memenuhi syarat-syarat Iran, Teheran memastikan akan memulai tahap ke-3 pengurangan komitmen di kesepakatan nuklir (JCPOA).

Menurut laporan al-Alam, seiring kian dekatnya hari pengumuman tahap ke-3 pengurangan komitmen JCPOA, spekulasi terkait detail tahap ini terus mengemuka.

Baca: Zarif: Jika AS Tetap Keras Kepala, Bukan Hanya JCPOA yang Terdampak

Sampai saat ini, Prancis berupaya untuk menunda tahap ke-3, agar bisa memenuhi tuntutan Iran.

Emmanuel Macron (presiden Prancis) juga berusaha keras mempertemukan Hassan Rouhani (presiden Iran) dan Donald Trump (presiden AS) dengan cara apa pun. Namun Iran tetap menolak dan menegaskan, bahkan andai kata AS kembali ke JCPOA, Teheran hanya akan mengadakan kontak dengan Washington dalam koridor 5+1.

Iran juga dengan tegas menolak hutang senilai 15 milyar dolar. Menurut Teheran, dana ini harus dialokasikan untuk membeli minyak Iran dengan jumlah sebelum sanksi-sanksi dijatuhkan.

Iran menegaskan, pihaknya hanya akan menghentikan tahap pengurangan komitmen jika minyaknya dibeli dengan kadar sebelum sanksi dan harus dibayar kontan.

Teheran dikabarkan telah merampungkan cara pelaksanaan pengurangan tahap ke-3 dan akan segera mengumumkannya.

Rouhani sendiri dalam rapat kabinet hari Rabu (4/9) menyatakan, dia sangsi bahwa kesepakatan dengan Eropa akan tercapai hari ini atau besok.

“Kita akan mengumumkan tahap ke-3 yang memiliki konten sangat penting dan bisa mempercepat aktivitas badan energi atom kita,”tandas Rouhani. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Pamerkan “Keyan”, Drone Tempur Baru untuk Jarak Jauh

Iran Bantah Klaim Trump Soal Ledakan Satelitnya

DISKUSI: