Zarif: Jika AS Tetap Keras Kepala, Bukan Hanya JCPOA yang Terdampak

0
93

Moskow,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran menyatakan, tindakan Washington terkait kesepakatan nuklir (JCPOA) merupakan pukulan terhadap undang-undang internasional.

Mohammad Javad Zarif menegaskan, jika JCPOA tidak bisa dipertahankan, bukan hanya kesepakatan nuklir ini saja yang akan terkena imbasnya.

“Tindakan AS bukan hanya merusak JCPOA saja, tapi juga merusak koridor undang-undang internasional. Sebab itu, jika kami tak menemukan jalan untuk menghadapi AS, bukan hanya JCPOA saja yang akan musnah,”kata Zarif saat diwawancarai Russia 24.

Baca: Hizbullah Publikasi Video Serangannya terhadap Israel

Dia menambahkan, Teheran dan Moskow punya kesamaan pandangan dalam masalah ini.

Dalam lawatannya ke Rusia, menlu Iran menekankan, pelaksanaan JCPOA sepenuhnya oleh negaranya bergantung pada kemajuan negosiasi soal komitmen Eropa dalam kesepakatan tersebut.

“Sebagai salah satu anggota yang masih bertahan di JCPOA, peran Rusia sangat penting untuk kelanjutan kesepakatan ini. Bagi kami, peran Rusia dan Tiongkok tidak bisa disamakan dengan anggota-anggota JCPOA lain yang masih bertahan,”tandasnya.

Zarif menjelaskan, Moskow dan Beijing istimewa karena merupakan sekutu dekat Teheran sebelum periode JCPOA. Rusia dan Tiongkok juga tetap menjalin hubungan dengan Iran kendati ada tekanan dari AS. (af/alalam/mehr)

Baca Juga:

53 Orang Tewas Ditembak di AS Selama Agustus

Apakah Serangan Balasan Hizbullah akan Berlanjut?

DISKUSI: