Iran Kembangkan Alat yang Bisa Deteksi Covid-19 dalam Lima Detik

0
543

Ilustrasi tes pasien covid-19. Sumber foto: Europa.eu

Tehran,LiputanIslam.com—Iran telah mulai memproduksi alat yang bisa mendeteksi korban terinfeksi Covid-19 dalam waktu lima detik. Menurut pemaparan Mayor Jenderal Hossein Salami, komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), seperti dikutip Sputnik pada Kamis (16/4) bahwa alat ini tidak memerlukan sejumlah tes tambahan untuk para pasien.

“Alat ini bisa mendeteksi virus dari jarak 100 meter. Proses deteksi hanya akan berlangsung dan selesai dalam waktu lima detik. Tak perlu ada kontak fisik dengan pasien, apalagi lagi melakukan tes darah,” ucapnya, menambahkan bahwa alat buatan Iran ini tidak membahayakan.

Baca juga:Rouhani: Iran Bertempur di Dua Front, Melawan Covid-19 dan Sanksi AS

Komandan IRGC itu menyebut akurasi alat ini bisa lebih dari 80 persen. Ia mengaku, saat ini pemerintah Iran masih terus mengembangkan alat tersebut agar bisa mendeteksi segala jenis virus.

Selain itu, para peneliti medis di Iran juga tengah berupaya mengembangkan alat khusus yang bisa mendeteksi penyakit dalam waktu dua jam.

Iran adalah salah satu negara terdampak Corona di Timur Tengah dengan jumlah pasien terinfeksi mencapai 76.389 orang dan korban meninggal mencapai 4.777 orang. (fd/Sputnik)

 

DISKUSI: