Iran Disebut Layak Dapat Dukungan dari Dunia Arab

0
552

Teheran,LiputanIslam.com-Harian transregional Rai al-Youm menyatakan, Iran layak mendapat dukungan dari warga Dunia Arab.

Hal ini dinyatakan penulis berkebangsaan Maroko, Abdussalam bin Isa. Dalam tulisanya, Bin Isa memandang sengketa Iran melawan AS sebagai adalah perseteruan antara sebuah negara dengan kekuatan imperialis dan arogan, bukan konflik biasa antara dua negara.

“Bangsa Arab, kaum merdeka, dan para pembela kebenaran di dunia semestinya mendukung Iran dalam perundingan Wina terkait keharusan AS kembali ke JCPOA,”tulisnya.

“Republik Islam Iran adalah negara pertama yang mengusir Dubes Israel, menyusul kemenangan Revolusi Islam. Iran lalu mengganti Kedubes Israel dengan Kedubes Palestina. Iran pula yang membela dua negara Arab, yaitu Irak dan Suriah, dalam menghadapi ISIS; kelompok yang didukung oleh sebagian negara-negara Arab Teluk, AS, dan Israel.”

Meski Iran membela pejuang Palestina dan Lebanon, Bin Isa mengaku bahwa itu bukan hal yang mendorongnya untuk mendukung Teheran. Menurutnya, pendirian sikap Iran dalam perundingan Wina adalah alasan utama ia membela Teheran.

Dia menilai keluarnya AS secara sepihak dari JCPOA, yang disusul dengan pemberlakuan sanksi-sanksi atas Iran, sebagai bukti arogansi AS. Bin Isa meyakini, andai Iran yang keluar dari kesepakatan itu, niscaya NATO sudah memaksanya dengan kekerasan untuk kembali ke JCPOA.

Di akhir tulisannya, Bin Isa menyatakan, dukungan untuk Iran bukan hanya sebuah kewajiban moral dari sisi pembelaan terhadap kaum tertindas di hadapan penindas. Namun, tegasnya, dukungan untuk Iran juga akan menguntungkan semua negara Dunia Ketiga yang berharap untuk terbebas dari hegemoni Barat dan AS. (af/fars)

Baca Juga:

Tanggapan Petinggi IRGC Soal Ledakan di Pabrik Senjata Israel

Negara-negara Arab Kompak Bergerak untuk Kembalikan Suriah ke Liga Arab

DISKUSI: