Iran Dirumorkan akan Belanja Alutsista Rusia

0
310

Teheran,LiputanIslam.com-Beredar kabar bahwa Iran mungkin akan membeli persenjataan dari Rusia. Kabar ini digulirkan oleh Institut AS Atlantic Council (AC) dalam laporannya, saat memberitakan pertemuan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Bagheri dengan Menhan Rusia, Sergey Shoigu di Moskow.

Biasanya Iran merujuk ke Rusia untuk membeli persenjataan yang tidak bisa dibuatnya sendiri. Contohnya, sistem pertahanan rudal darat ke udara S-300.

Sebagian alutsista Rusia yang pernah dibeli Iran meliputi helikopter Mi-17, kapal selam Kilo-class, dan kendaraan lapis baja infanteri BMP-2, serta beragam sistem antitank.

Menurut AC, ada tiga alasan mengapa Iran lebih suka membeli persenjataan dari Rusia:

Pertama, Moscow tidak menjatuhkan sanksi apa pun atas Teheran yang menghalangi mayoritas negara Barat menjual senjatanya ke Iran.

Kedua, harga dan ongkos perawatan senjata Rusia lebih murah daripada alutsista buatan negara lainnya. Misalnya, harga satu tank Leopard buatan Jerman sekitar 10 juta dolar. Sedangkan sebuah tank T-14 Armata buatan Rusia berharga 4 juta dolar.

Ketiga, aspek kerahasiaan ketika Teheran membeli alutsista dari Moscow lebih terjaga. Sebab, perusahaan-perusahaan Rusia tidak diwajibkan untuk melaporkan ekspor senjata mereka. (af/fars)

Baca Juga:

Pasukan Iran Lepaskan Tanker Vietnam yang Direbutnya dari Tangan Pasukan AS

Menlu Rusia: Moskow Dukung Sikap Teheran bahwa Perjanjian Nuklir Iran Tak Bisa Diubah

 

DISKUSI: