Iran: Berkas Kimia Suriah Dipolitisasi oleh Sebagian Negara

0
254

NewYork,LiputanIslam.com-Wakil Utusan Tetap Iran di PBB, Zahra Ershadi menyatakan, negaranya kembali mengumumkan dukungan penuhnya terhadap Konvensi Pelarangan Senjata Kimia dan penguatan pakta ini.

“Sebagai salah satu anggota pembela Konvensi penting ini, Irak tak segan-segan mengerahkan usaha untuk mewujudkan tujuan-tujuan Konvensi ini,”tegas Ershadi dalam rapat Dewan Keamanan PBB.

“Kami juga menghendaki agar Konvensi ini diberlakukan secara penuh, efektif, dan tidak diskriminatif.”

Ershadi menegaskan, Iran mendesak agar aturan Konvensi ini meliputi semua negara di dunia. Ia menyatakan, demi terwujudnya tujuan-tujuan utama Konvensi, Rezim Israel harus dipaksa untuk bergabung dengan Konvensi ini tanpa prasyarat apa pun.

“Sebagai korban besar penggunaan senjata kimia dalam sejarah kontemporer, Iran mengutuk penggunaan senjata ini oleh siapa pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa pun,”tandas Ershadi.

“Sebagai salah satu anggota aktif OPCW, Iran menekankan pentingnya jaminan aktivitas independen, netral, dan profesional organisasi ini.”

Ia menyatakan, Iran mengapresiasi upaya-upaya serius Pemerintah Suriah dalam menjalankan komitmennya terhadap Konvensi.

“Pemusnahan senjata-senjata kimia Suriah dalam waktu singkat dan kondisi luar biasa menunjukkan pentingnya upaya Pemerintah Suriah ini,”lanjutnya.

“Kami menyambut baik tindakan Suriah dalam memberikan laporan bulanan ke-93 terkait aktivitas pemusnahan senjata-senjata kimia dan fasilitas produksinya.”

Ershadi menyesalkan sikap sebagian negara yang mempolitisasi isu kimia Suriah. Menurutnya, tindakan ini harus dihentikan, karena mencederai kekuatan Konvensi dan kredibilitas OPCW. Dengan menghentikan politisasi ini, kata Ershadi, perdamaian dan keamanan internasional bisa dilindungi. (af/alalam)

Baca Juga:

Suriah Tangkis Serangan Udara Israel

Pemimpin  Ansarullah Pastikan Saudi Bersekutu dengan Israel

DISKUSI: