Irak Tuntut Penjelasan dari AS Soal Penempatan Patriot di Wilayahnya

0
859

Baghdad,LiputanIslam.com-Media-media Irak pada hari Sabtu (4/4) mengabarkan, pemerintah Irak telah mengirim dua memo kepada kemenlu AS. Dalam dua memo tersebut, Baghdad menuntut penjelasan dari Washington terkait aktivasi sistem pertahanan Patriot di Irak.

Menurut pejabat senior Irak, penempatan sistem pertahanan rudal itu harus dilakukan berdasarkan pembicaraan dan koordinasi dengan Baghdad terlebih dahulu.

Dilansir oleh IRNA, Irak membantah klaim AS bahwa penempatan Patriot sejalan dengan perjanjian keamanan kedua negara yang ditandatangani pada 2008 lalu. Penempatan sistem pertahanan udara dan perangkat militer baru membutuhkan perubahan atau penambahan pasal dalam perjanjian tersebut.

Pejabat yang enggan identitasnya disebutkan itu mengatakan, Washington hingga kini belum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ini adalah tindakan yang selalu dilakukan AS terhadap Baghad, setelah pemerintahan Abdulmahdi diubah menjadi pemerintah pengemban tugas.

Menurutnya, ada suatu opini yang terdapat di antara para komandan tentara dan petinggi kemenhan Irak. Mereka curiga bahwa dengan penempatan Patriot, AS mengincar target-target strategis di luar perbatasan Irak.

Pejabat ini mengklaim, sistem Patriot yang ditempatkan di Arbil dan al-Anbar itu bisa membendung serangan rudal yang mungkin dilancarkan Iran.

Hingga kini, pemerintah Irak belum merilis tanggapan resmi terkait penempatan sistem Patriot di pangkalan Ayn al-Asad (al-Anbar) dan Harir (Arbil). (af/alalam)

Baca Juga:

Lebanon Siaga, Militer Israel Lewat Area Perbatasan

[VIDEO] Rusia Kirim Alat Medis ke AS untuk Bantu Atasi Covid-19

DISKUSI: