[VIDEO] Rusia Kirim Alat Medis ke AS untuk Bantu Atasi Covid-19

0
4766

Kotak-kotak berisi alat medis siap dibawa pesawat militer Rusia ke AS. © Russian Ministry of Defense

Moskow, LiputanIslam.com–Sebuah pesawat kargo militer Rusia lepas landas membawa suplai alat medis ke AS yang sedang berjuang melawan wabah corona.

“Pesawat berisi masker dan peralatan medis telah berangkat ke Amerika Serikat,” demikian pernyataan singkat dari Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu (1/4) pagi.

Sebuah rekaman yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan memperlihatkan bagian dalam pesawat kargo yang berisi ratusan kotak kardus.

Pengiriman bantuan ini dilakukan setelah adanya percakapan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump lewat telepon pada hari sebelumnya (31/3). Keduanya membahas tentang wabah yang berkembang pesat dan bagaimana AS kekurangan alat pelindung. Demikian laporan dari juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan.

Peskov juga menegaskan bahwa wabah ini “memengaruhi setiap orang tanpa kecuali dan bersifat global.”

Pengiriman ini dilakukan tepat ketika AS hampir kehabisan alat pelindung bagi petugas kesehatan.

Kabar pengiriman bantuan ini memicu kritik dari sejumlah pakar Amerika yang menuduh upaya ini sebagai “taktik propaganda” atau operasi mata-mata Rusia.

Pekan lalu, Moskow juga mengirimkan 600 ventilator, masker, dan tim ahli medis ke Italia yang juga mengalami kasus Covid-19 terparah. Sejumlah pejabat tinggi Italia menyatakan terima kasih kepada Moskow atas “tindakan solidaritas” itu. (ra/rt)

DISKUSI: