Irak Jelaskan Alasannya Memprotes Statemen KTT Liga Arab

0
88

Baghdad,LiputanIslam.com-Perdana menteri Irak pada hari Minggu (2/6) menjelaskan alasan protes negaranya kepada statemen KTT Liga Arab 30 Mei lalu. Adel Abdul Mahdi mengatakan, protes itu didasari kebijakan Irak terhadap krisis yang terjadi di kawasan.

“Kinerja delegasi Irak di KTT Makkah sangat bagus. Mereka merefleksikan pendirian Baghdad terkait krisis-krisis regional,”kata Abdul Mahdi dalam konferensi pers mingguan.

“Negara-negara yang hadir dalam KTT telah memaklumi sikap Irak, yang tak ingin menjadi bagian dari permusuhan suatu kelompok terhadap kelompok lain,”lanjutnya.

KTT Liga Arab yang diadakan di Makkah menelurkan sebuah statemen akhir, yang mengecam “intervensi Iran dalam urusan negara-negara lain.” Irak dengan tegas memprotes statemen akhir KTT tersebut.

Terkait protes Irak ini, Ahmed Aboul Gheit (sekjen Liga Arab) menafsirkannya sebagai berikut,”Meski Irak mengecam tiap tindakan yang mengancam keamanan Saudi dan sekutu kami di Teluk (Persia), namun Irak menjelaskan bahwa mereka tidak bergabung dalam statemen akhir KTT Liga Arab, serta memprotes konten statemen tersebut.”

Dalam statemen akhir KTT Liga Arab, negara-negara Arab diminta untuk bersatu melawan “intervensi-intervensi Iran.”

Selain menuding Iran mendukung “kelompok teroris” di Bahrain, statemen itu juga mengklaim, rudal-rudal yang ditembakkan Ansharullah Yaman ke Saudi adalah buatan Iran.

Di bagian lain statemen, Iran juga dituduh campur tangan di Suriah dan mengacaukan persatuan di negara tersebut.

Barham Saleh (presiden Irak) dalam KTT itu memperingatkan,  ketegangan regional dan internasional, jika tidak ditangani dengan tepat, akan berujung pada perang. Dia juga meminta negara-negara tetangga Irak untuk mendukung stabilitas di negerinya. (af/alalam/fars)

Baca:

Arab Adakan KTT demi Pipa Minyak, Tapi Abaikan Derita Palestina

DISKUSI: