Interpelasi Trump Disahkan, Ini Respon Gedung Putih

0
147

Washington,LiputanIslam.com-Stasiun televisi CNN melaporkan, beberapa saat setelah resolusi interpelasi atas Donald Trump disahkan DPR AS, Gedung Putih merilis statemen yang berisi kecaman terhadap langkah tersebut.

Gedung Putih menyebut pengesahan interpelasi Trump sebagai “puncak salah satu fase politik paling memalukan dalam sejarah AS.” Partai Demokrat juga dituding telah mengupayakan interpelasi “tanpa meminta pendapat satu pun anggota Republik dan minus bukti apa pun.”

Statemen Gedung Putih juga mengulang kembali tuduhan yang kerap dilayangkan Trump dan orang-orang Republik kepada Demokrat. Para penggagas interpelasi disebut tidak melaksanakan prosesnya secara objektif.

Setelah melalui pembahasan selama 6 jam, DPR AS pada Kamis dini hari tadi mengesahkan interpelasi atas Trump. Presiden ke-45 AS ini dituding telah menyalahgunakan kekuasaan dan menghalang-halangi investigasi kongres.

Trump adalah presiden ketiga AS yang diinterpelasi secara resmi. Hingga kini, tak satu pun presiden AS yang lengser setelah diinterpelasi.

Isu interpelasi presiden AS mengemuka usai terbongkarnya kontak telepon Trump dengan presiden Ukraina. Trump meminta dari Volodymyr Zelensky untuk menginvestigasi aktivitas finansial Joe Biden dan putranya, Hunter Biden. Dia mengancam, bantuan militer senilai 400 juta dolar baru akan diberikan ke Kiev jika investigasi ini dilaksanakan. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Pindahkan 200 Keluarga Anggota ISIS ke Irak

Bashar Assad Ungkap Dua Cara Singkirkan Pasukan AS dari Suriah

DISKUSI: