AS Pindahkan 200 Keluarga Anggota ISIS ke Irak

0
117

Baghdad,LiputanIslam.com-Serdadu AS dikabarkan terus menjalin kerjasama dengan kelompok teroris ISIS di Suriah dan Irak.

Menurut laporan kantor berita Suriah, SANA, pasukan AS kembali memindahkan beberapa kelompok keluarga elemen-elemen ISIS dari timur laut Suriah ke Irak.

SANA melaporkan dari provinsi Hasakah, pasukan AS mengevakuasi lebih dari 200 keluarga ISIS ke Irak pada Selasa (17/12) kemarin.

Jurnalis SANA mengatakan, ratusan keluarga anggota ISIS itu dipindahkan dari kamp al-Haul di Hasakah.

Baca: AS Terus Kirim Pasukannya ke Ladang Minyak Suriah

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan AS telah menyusupkan ribuan elemen ISIS dan keluarga mereka dari berbagai kawasan di timur dan timur laut Suriah. Mereka diselundupkan ke dalam wilayah Irak dan pangkalan-pangkalan AS di Suriah.

Pada 12 Desember lalu, pasukan AS juga telah memindahkan 300 orang dari keluarga anggota ISIS dari kamp al-Haul ke Irak.

Berdasarkan laporan media, para psikolog AS di kamp itu mendidik generasi baru teroris takfiri berdasarkan ajaran Wahabi.

Menurut statistik PBB di akhir November, ada 69 ribu orang yang tinggal di kamp al-Haul. 40 persen dari mereka adalah orang Suriah, 45 persen orang Irak, dan 15 persen lainnya berasal dari berbagai negara.

Kamp al-Haul berada di bawah kendali milisi Kurdi (SDF). Kelompok milisi ini mendapatkan sokongan dari Washington. (af/fars)

DISKUSI: