IMF Siap Cairkan Dana $1 Triliyun untuk Hadapi Corona

0
459

Sumber foto: Al-Alam News

Washington,LiputanIslam.com—Direktur International Moneter Fund (IMF), Kristalina Georgieva, telah menyatakan kesiapannya untuk mencairkan dana senilai $1 triliyun dolar untuk menghadapi dampak yang ditimbulkan oleh virus Corona.

Georgieva mengonfirmasi pada Sabtu (4/4) kemarin bahwa IMF sudah mulai memberikan bantuan kepada sejumlah negara yang membutuhkan. Ia menyebut, sejauh ini telah ada dua permintaan dari dua negara di Afrika.

“Ini adalah masa kelam terburuk bagi umat manusia yang pernah saya lihat. Musibah ini menuntut kita untuk bersatu dan melindungi warga yang paling beresiko,” ucapnya.

Baca juga: IMF Hanya Akan Pinjamkan Dana ke Venezuela Jika Presiden Maduro Mundur

Ia mencatat, bank-bank pusat dan kementerian keuangan di sejumlah negara telah mengambil langkah-langkah antisipatif yag belum pernah dilakukan sebelumnya. Ia menegaskan, saat ini ekonomi global telah memasuki resesi dan keadaannya jauh lebih buruk daripada krisis ekonomi global pada 2008-2009 silam.

Sejauh ini, menurut Georgieva, lebih dari 90 dari total 189 negara anggota IMF telah mengajukan permohonan dana mendesak untuk mengatasi virus Corona. (fd/Al-Alam)

DISKUSI: