Hook: AS Tak Akan Membiarkan Iran Menjadi Kaya

0
162

Washington,LiputanIslam.com-Wakil AS untuk urusan Iran, Brian Hook, menegaskan keharusan untuk menghalangi Republik Islam Iran menjadi kaya.

“Kami telah menggunakan segala sarana yang diperlukan untuk menekan Iran, dengan tujuan meraih hasil-hasil yang kami inginkan. Trump telah bicara dengan gamblang bahwa Teheran tak akan mendapatkan senjata nuklir. Kini tengah dilakukan pembicaraan untuk memperpanjang embargo persenjataan Iran,”kata Hook dalam Konferensi ASPEN 2020.

“Iran terus melawan permintaan untuk melakukan perundingan. Kita tak boleh membiarkan Iran menjadi kaya, sebab jika itu terjadi, Iran akan menuju persenjataan nuklir,”klaimnya.

Dalam sebuah pernyataan provokatif, Hook mengklaim bahwa PM Irak Mustafa al-Kadhimi sangat cepat memulai perlawanan terhadap Kataib Hizbullah Irak. Dia mengklaim, laporan-laporan menunjukkan bahwa “para sekutu Iran telah menjadi lemah akibat tekanan-tekanan.”

Pekan lalu Hook mengklaim, jika embargo persenjataan Iran berakhir, Kawasan akan menjadi semakin tidak stabil dan pelayaran bebas di laut juga akan terancam.

Berdasarkan isi JCPOA, embargo persenjataan Iran akan berakhir pada 17 Oktober mendatang. Namun Pemerintah AS pimpinan Donald Trump telah memulai upaya untuk membatalkan batas kedaluwarsanya embargo ini. (af/fars)

Baca Juga:

Rusia dan China di DK PBB Tolak Keingingan AS Perpanjang Embargo Senjata terhadap Iran

Rusia Pastikan Tak Gubris Sanksi AS terhadap Iran

DISKUSI: