Harga Terlalu Menggoda, Eropa Diam-diam Beli Minyak Rusia

0
385

Moskow,LiputanIslam.com– Media-media mengabarkan, minyak Rusia dalam pekan-pekan lalu masih menemukan jalan ke pasar Eropa. Meski ancaman dan sesumbar soal sanksi atas Rusia masih terus diumbar, namun muatan minyak negara ini diserahkan ke kapal-kapal tanker dan dinyatakan akan dibawa “ke destinasi yang tak diketahui.” Faktanya, minyak ini muncul di pasar-pasar minyak Eropa dan diperjualbelikan secara diam-diam.

Situs Fortune mengutip dari TankerTrackers bahwa dalam bulan April saja, rata-rata 1,6 juta barel minyak per hari meninggalkan Rusia menuju “destinasi-destinasi misterius.”

Wall Street Journal melaporkan, baru-baru ini tren tersebut mengalami peningkatan. Dalam bulan April, lebih dari 11,1 juta barel minyak dimuat ke tanker-tanker tanpa destinasi yang jelas. Padahal sebelum dimulainya perang di Ukraina, statistik pengiriman muatan semacam ini bisa dikatakan nol.

Kendati Uni Eropa masih belum secara resmi mengembargo minyak Rusia, para pengusaha minyak di Eropa sudah mengantisipasi potensi embargo. Fortune menulis, mereka khawatir pembelian minyak dari Rusia akan dianggap sebagai pendanaan untuk negara yang diklaim melakukan kejahatan perang.

Namun setelah berlalunya 6 pekan sejak operasi militer Rusia di Ukraina, minyak murah Negeri Beruang Merah terlalu menggoda untuk dilewatkan begitu saja oleh para pengusaha minyak Eropa. (af/fars)

Baca Juga:

Rusia: Operasi Militer Ukraina Dikendalikan AS dan NATO

Sindir Uni Eropa, Rusia: Brussels Bukan Pusat Semesta

DISKUSI: